Kuliner Jogja ~ Bong Kopitown - Tempat Makan Ala Ala Penjara

Bong Kopitown yang cuma ada di Jekardah alias Jakarta sekarang udah buka cabang di Jogja gaes. Lokasinya agak nyelempet dikit, dia ada di daerah Sagan, tepatnya di Jalan Sagan Kidul 4 Yogyakarta. Lewatnya klo dari arah selatan perempatan galeria lurus aja ntar ada jalan masuk ke kanan belok kesitu sekitar 100 meter, kalau nggak salah jalan ini ada di sebelah gift shop, nah masuk aja kesitu. Kalau gw sih karena biasanya dari arah utara lebih suka ngambil rute yang dari bunderan UGM ke selatan trus belok ke kiri (jalan yang mau ke arah Restoran Bumbu Desa) kamu lurus aja sampe mentok ketemu pertigaan, belok kanan, lurus aja sampe ketemu Sagan Huis Hotel, nah Bong Kopitown ini ada di sebelah Sagan Huis.
Restoran ini punyanya Bong Chandra, seorang motivator sukses, nah menurut gw ini juga salah satu jaminan kevalidan manajemen & rasa masakannya hehehe. Konsepnya penjara, tapi penjara yang menyenangkan sesuai dengan mottonya, "The happiest prisoner on earth". Gimana nggak seneng orang lidah kita dimanjain sama makanan-makanan enak.
Buku menunya pun unik gaes, karena lagi dipenjara buku menunya pun disesuaiin sama keadaan penjara, bukan berbentuk buku tapi bentuknya semacam koran. Disitu nggak cuma ada daftar menu aja, tapi ada juga cerita tentang 3 orang buronan paling dicari yang menyerahkan diri gara-gara makanan di penjara itu cucok endes alias enak banget. Kalau mau cerita lebih lengkapnya datang aja langsung kesana dan kamu bakal jadi narapidana paling bahagia di dunia dan juga dilayani sama "narapidana-narapidana" disana.
pelayannya pake kostum ala narapidana
Sebelum bahas makanan ada kejadian yang menurut gw cukup konyol, ceritanya pas gw nunggu pesanan makanan jadi tu gw kebelet pipis, akhirnya gw ke toilet, biasanya gw suka periksa dulu tuh ada air yang buat cebok atau enggak, tapi udah dipastiin klo ada tisue disitu *untungnya*.  Pas gw udah pipis baru nyadar kalo ga ada air yang buat cebok, akhirnya cuma dilap pake tisue hahaha. Buru-buru gw keluar ke toilet sebelah berharap nemuin yang gw cari disana karena tadinya gw pikir tolet yang gw pake rusak eh ternyata emang ga ada yang buat cebok. Entahlah ini toilet konsep penjara atau emang konsep toilet kering, akhirnya gw ambil tisue trus gw basahin di wastafel trus buat cebok hahaha.
toilet 'penjara'
Habis bahas toilet mari kita bahas menu 
"ih koq nggak enak banget sih habis bahas toilet trus bahas menu"
Hahaha gapapa lah ya, sengaja sih :P
Menu di restoran ini adalah menu Cina peranakan, banyak ngambil dari resep-resep Medan & Singkawang, jadi cocok deh di lidah orang Indonesia. Menu disini beragam, ada rendang-rendangan, bebek, macam-macam, mie, dll. Snacknya juga beragam, begitu juga minumannya. Katanya sih semua olahan masakannya dibuat manual dengan tangan jadi rasanya bisa cucok endes.

Kemarin gw pesen:
Ote-Ote
Ini semacam jalakote kalau di Sunda, bedanya kalau jalakotek pakai aci berisi potongan tahu, kalau ote-ote ini semacam pake kulit pangsing berisi semacam campuran ebi dan sedikit maizena atau tepung aci. Rasanya gurih, agak asin kalo pas gigi ebinya, tapi enak, kulitnya crispy, garing-garing gurih.

Singapore Laksa Noodle (IDR 33K)
Uwww yang ini porsinya lumayan gede gaes, mangkuknya segede gaban, mienya juga gede-gede semacam udon, kuahnya kuning bersantan dan rasanya gurih banget kayak semacam masih dicampur susu atau krim, bumbunya juga nendang. Isinya selain mie ada bakso ikan dan kecambah atau tauge plus setengah telor rebus.

Pontianak Crab Noodle (IDR 35K)
Yang ini kita disuguhi dua mangkuk, yang satu (mangkuk besar) berisi mie, bakso ikan, potongan crab stick, udang, daging ayam cincang, & kulit pangsit goreng. Untuk mangkuk kecilnya berisi kuah dengan bumbu bawang yang wangi dan gurih.

Ubi Goreng Bumbu Tabur (IDR 15K)
Buat kamu yang suka jajan sweet potato di Shihlin - Taiwan street food nah makanan ini bisa dibilang mirip-mirip sama sweet potatonya Shihlin. Dua-duanya ada plus minusnya, menurut gw sih kalau yang di Bong Kopitown ini enak ubinya, lebih gede, lebih empuk tapi bumbunya masih enakan Shihlin, ya ini selera sih. Kalau yang Shihlin rasa kayu manisnya berasa banget dan agak lebih mantep bumbu asin gurihnya.

Choco Peanut Butter
Ah minuman ini endes... manis-manis gurih, jadi pengen nyobain bikin dirumah, serbuk minuman coklat ditambah air es, es batu, & selai kacang trus diblender, yummehhh...

Hot Chocolate with Marsmallows (IDR 25K)
Hot chocolatenya lumayan enak, meskipun menurut gw masih kalah sama hot chocholatenya Semesta & Koftee, tapi ini udah enak koq dan unik karena ada tambahan marsmallow & bubuk cinnamon (kayu manis).

Restoran ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam setiap harinya. Soal harga masih terjangkau koq berkisar antara IDR 6K - IDR 35K.
Ayok cus ke Bong Kopitown Jogja & di narapidana paling bahagia di dunia :D

Bong Kopitown
Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta
Tlp. (0274) 589 333
Facebook Bong Kopitown
Twitter @BongKopiTown
Instagram @bongkopitown
http://www.bongkopitown.com/

1 comment:

  1. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah selang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyata dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor.085-217-085-317 atau
    kunjungi website KH.Fhatulla Harun.
    KLIK=>> PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN






    Salam Untuk Semuanya" Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...

    ReplyDelete